Minggu, 12 Desember 2010

Analisis Web: ANTARA NEWS - Friska Irisha/915080189

CYBER JOURNALISM


Jurnalisme dalam KBBI disebut sebagai pekerjaan mengumpulkan, menulis, mengedit, dan melaporkan berita kepada khalayak. Dalam perkembangannya, media penyampaian berita kepada pembaca tidak hanya terbatas pada surat kabar. Tetapi seiring perkembangan teknologi, kini arah perkembangan media menuju persaingan media online. Media online bisa menampung berita teks, image, audio dan video..
Laporan jurnalistik dengan menggunakan teknologi internet, disebut dengan media online, yang menyajikan informasi dengan cepat dan mudah diakses di mana saja. Dengan kata lain, berita saat ini bisa di baca saat ini juga, di belahan bumi mana saja.
Perkembangan media online di Indonesia saat ini cukup pesat. Pemain lama di bisnis media online adalah detik.com. Kemudian muncul beberapa media online
yang menjadi pelengkap media cetak yang ada. Namun kini muncul kesadaran pemilik media untuk mengelola media online sebagai bisnis tersendiri. Revolusi ini terlihat pada kompas.com, yang sebelumnya hanya pelengkap media cetak, namun kini menjadi media mandiri yang ikut melaporkan berita dari detik ke detik. Begitu juga dengan okezone.com milik kelompok Media Nusantara Citra (MNC) dan vivanews.com milik kelompok Grup Bakri yang kini memiliki TVOne. Gairah jurnalisme online tidak hanya di Jakarta, tapi sudah merambah ke daerah daerah. Terutama yang dikembangkan oleh pers lokal. Bahkan saat ini banyak blog yang dikelola dengan konsep jurnalisme online. Fenomena ini lekat dengan adanya ”Citizen Journalism” (akan dibahas pada pertemuan berikutnya) di mana semua orang bisa menjadi jurnalis. Di dunia maya, kini dengan mudah kita temui berita-berita yang mungkin tidak kita temukan di media cetak. Maka melihat perkembangan ini, anda harus siap-siap masuk ke dalam ranah online journalism.
            Dalam kesempatan ini, penulis memilih untuk menganalisis sebuah website berita lokal milik kantor berita ANTARA yaitu ANTARA NEWS, http://www.antaranews.com/.


MATA KULIAH CYBER JOURNALISM


            Dalam matakuliah Cyber Journalism Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara, terdapat matakuliah, sebagai berikut:
1.    Working in Online Journalism
Matakuliah ini membahas tentang ciri-ciri jurnalisme online, dimana jurnalisme online merupakan inovasi dari media massa tradisional. Jurnalisme online bersifat real time, interaktif dengan pembacanya, dan dapat diakses dimanapun kapanpun. Namun aksesnya terbatas jika adanya internet.
2.    News Report
Membahas internet sebagai tempat memperoleh informasi, internet sebagai wadah bagi para jurnalis untuk menyebarkan berita kepada masyarakat dengan cepat dan mudah melalui website, blog, listerv, atau email.
3.    Writing and Editing Online
Matakuliah ini membahas tentang tata cara penulisan yang baik dan benar di website. Meskipun penyebaran berita dengan internet cepat dan mudah, tetapi pembuatannya tidak bisa asal-asalan. Dijelaskan bahwa penulisan tiap kalimat harus berupa kalimat aktif dengan struktur S P O (Subyek Predikat Objek) yang benar, selain itu setiap artikel berita harus mencakup 5W dan 1H agar pengunjung memperoleh informasi yang tepat, lengkap dan jelas.
4.    Standart, Law and Ethics for Online Media
Dalam matakuliah ini dijelaskan mengenai hak cipta, dan etika jurnalisme online yaitu menuliskan setiap link dari berita atau informasi yang dipakai dalam framing berita. Juga dijelaskan mengenai UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
5.    Bisnis Jurnalisme Online
Jurnalisme online juga memerlukan biaya untuk operasional mereka, dengan cara menjual iklan pada halaman website mereka, mengenakan biaya berlangganan, dan member nilai tambah layanan pada website.
6.    Jurnalisme Masa Depan
Tantangan yang dihadapi jurnalisme online, dan bentuk jurnalisme online dimasa mendatang.
WORKING IN ONLINE JOURNALISM


            Jurnalisme online adalah penyampaian informasi melalui media internet (website), situs berita Antara News termasuk jurnalisme online karena mereka menyampaikan berita dan informasi kepada audiens (pengunjung) melalui media internet dengan website berbasis web 2.0, yaitu media website dua arah yang memungkinkan pengunjung memberikan kontribusinya melalui pendapat, saran, kritik. ANTARA NEWS memiliki ciri-ciri jurnalisme online, yaitu mereka cepat dalam menyajikan berita, setiap hari mereka melakukan update berita hampir setiap jam, setiap menit, bahkan mereka dapat menyajikan dua berita yang berbeda dalam dua detik, ANTARA NEWS bersifat real time yang dapat dibaca pengunjung website kapan saja, dimana saja, karena bersifat online, tidak terbatas ruang dan waktu.
Jurnalisme online bersifat interaktif, ANTARA NEWS selalu menyajikan kolom komentar untuk pembaca dalam setiap artikelnya, banyak pembaca yang memposting komentarnya pada setiap berita, sehingga pengunjung website tidak hanya pasrah menerima seluruh berita yang disajikan ANTARA NEWS, namun tetap dapat bersikap kritis dalam menganalisis informasi yang diterima.
Untuk mengakses berita dalam website ANTARA NEWS, pengunjung tidak dikenakan biaya sedikitpun, website ANTARA NEWS dapat diakses seluruhnya oleh siapapun secara gratis. Jurnalisme online juga relatif terdokumentasi, karena tersimpan dalam memory digital. Website ANTARA NEWS memiliki arsip berita2 beberapa tahun lalu, sehingga jika pengunjung ingin mencari berita yang kejadiannya beberapa tahun lalu, dapat di ‘search’ di mesin pencari.
Kedua, unlimited space (tempat yang tak terbatas), website ANTARA NEWS tidak terbatas ruang, karena berupa website online yang dapat di klik-klik menuju halaman-halaman berita, tidak seperti Koran yang terbatas pada beberapa halaman kertas. Ketiga, adanya kemampuan multimedia, ANTARA NEWS menyajikan website yang tidak hanya berupa tulisan artikel-artikel, namun juga terdapat video, suara, foto-foto dan beragam konten lain, seperti akses ke forum ANTARA NEWS, twitter, dan iklan-iklan google. Semua itu menunjukkan adanya kemampuan multimedia dari setiap individu dalam organisasi.
Selain kelebihan, juga ada kekurangan ANTARA NEWS sebagai website berita, yaitu, mereka jarang sekali menampilkan link atau tautan kepada informasi terkait pada setiap artikel yang disajikan.



NEWS REPORT


Internet menjadi salah satu tempat yang paling mudah dalam mencari informasi. Informasi apapun dapat ditemukan. Dalam website berita ANTARA NEWS semua berita dapat kita temukan, mulai dari berita nasional, mancanegara, ekonomi bisnis, olahraga, hiburan, iptek, sampai warta bumi.
ANTARA NEWS tidak menyediakan layanan update melalui email, dalam websitenya tidak ditemukan kotak dimana pengunjung dapat mendaftarkan emailnya agar memperoleh update melalui email. Namun ada sebuah layanan Subscribe RSS Feed untuk berlangganan, layanan ini tidak memerlukan email, pengunjung hanya cukup mengklik tombol “Subscribe Now”, updatenya tidak dikirim melalui email, pengunjung tetap harus membuka feed, jika ada update berita biasanya berita tersebut tercetak tebal.
Situs Web jurnalistik dapat dijadikan sebagai narasumber suatu pembahasan topik bagi para individu yang membutuhkan. Mesin pencari dalam ANTARA NEWS berfungsi cukup baik. Jika kita memasukkan keyword, misalnya “merapi”, akan muncul berita-berita mengenai merapi yang ditulis oleh ANTARA NEWS.



WRITING AND EDITING ONLINE


Ada beberapa syarat dalam menulis di jurnalisme online. Pertama, kalimat-kalimat harus sederhana dan mudah dipahami. ANTARA NEWS dalam artikelnya menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang, mereka menulis dengan bahasa yang sederhana, bahasa sehari-hari dan tidak ada istilah-istilah aneh yang digunakan. Seluruh masyarakat dari kalangan menengah bawah sampai menengah atas dapat memahami artikel ANTARA NEWS.
Kedua, kalimat disusun dalam bentuk kalimat aktif, S P O (Subyek Predikat Objek). Dalam salah satu berita dari ANTARA NEWS mengenai TKI yang berjudul “TKI Akan Dibekali Telepon Genggam”, saya menganalisis bentuk kalimat-kalimatnya. Ada beberapa kalimat yang tidak ditulis dalam kalimat aktif, seperti:

“Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri akan dibekali telepon genggam oleh pemerintah agar mereka dapat cepat melapor apabila sesuatu tidak dikehendaki terjadi pada diri mereka.”

Seharusnya kalimat tersebut diubah menjadi bentuk kalimat aktif, dengan S P O, yaitu: “Pemerintah akan membekali Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dengan telepon genggam, agar mereka dapat cepat melapor apabila sesuatu yang tidak dikehendaki terjadi pada diri mereka.”

Ketiga, setiap artikel atau berita harus mengandung unsur 5W dan 1H, agar informasi yang diperoleh pembaca jelas, tepat, dan menyeluruh. Dalam berita “TKI Akan Dibekali Telepon Genggam” sudah memenuhi unsur 5W dan 1H, yaitu WHAT, TKI Indonesia akan diberikan telepon genggam. WHO, pemerintah akan memberikan telepon genggam. WHY, untuk memudahkan komunikasi, TKI dapat cepat melapor apabila terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan terhadap diri mereka. WHERE, rapat kabinet terbatas di kantor kepresidenan. WHEN, jumat, 19 november 2010. HOW, presiden sedang merumuskan pemberian handphone kepada setiap TKI Indonesia karena menurut Presiden ada semacam ketertutupan di Arab Saudi sehingga TKI yang bermasalah di Negara tersebut tidak mudah diketahui nasibnya oleh pemerintah.
Keempat, kalimat harus disusun dengan jarak yang sesuai antar paragraf untuk memberi kemudahan bagi para pembaca. Pada setiap artikel yang disajikan ANTARA NEWS, mereka selalu memberikan jarak atau spasi kosong antar kalimat, sehingga bentuk tiap kalimat tidak dempet-dempet. Hal tersebut sangat memudahkan pembaca dalam membaca, mata menjadi tidak lelah dan tidak pusing.
Kelima, judul dibuat untuk menandai suatu topik baru, website ANTARA NEWS, judul selalu dibuat dalam setiap artikel dengan menggunakan huruf yang lebih besar dan tebal, sehingga membuatnya semakin menonjol dan menarik perhatian pembaca. Bahasa untuk judul juga sederhana dan langsung tepat sasaran, menggambarkan keseluruhan inti berita. Misalnya dalam berita mengenai TKI yang akan diberikan telepon genggam oleh Presiden SBY untuk memudahkan komunikasi, subjudul yang dibuat adalah “TKI Akan Dibekali Telepon Genggam”..
            Keenam, adanya bullets point () yang membantu pembaca untuk mengetahui intisari secara lebih cepat dari poin-poin utama sebuah artikel berita. Website Antara News juga menggunakan bullets point untuk kolom berita “Terkini” dan “Terheboh”, apabila judul berita di bullets point kita klik, kita langsung terhubung pada halaman berita tersebut.



STANDART, LAW AND ETHICS FOR ONLINE MEDIA


Copyright atau hak cipta merupakan "hak untuk menyalin suatu ciptaan".
Hak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan. Hak cipta diinternet merupakan yang paling riskan, karena hampir semua yang muncul pada halaman sebuah website seperti teks, gambar, video, grafik, animasi, bahkan kode HTML dari halaman itu sendiri dapat dicopy oleh siapapun hanya dengan beberapa klik saja.
Kantor Berita ANTARA didirikan pada tanggal 13 Desember 1937 oleh Adam Malik, Soemanang, A.M. Sipahoetar dan Pandoe Kartawagoena, ketika semangat kemerdekaan nasional digerakkan oleh para pemuda pejuang. Keberhasilan ANTARA menyiarkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 ke seluruh dunia adalah wujud kecintaan dan baktinya yang besar bagi perjuangan bangsa Indonesia. Tahun 1962, ANTARA resmi menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional yang berada langsung di bawah Presiden Republik Indonesia. Pada bulan Desember 2008, Direktorat Pemberitaan ANTARA meraih sertifikasi ISO 9001-2000. ISO 9001-2000 sebuah penjelasan atas persyaratan yang harus dipenuhi untuk sebuah sistem manajemen mutu yang baik. Ini merupakan bukti nyata bahwa semua individu di dalam ANTARA berkomitmen untuk memperluas tranformasi manajemen agar sistem manajemen mutu dapat lebih kuat dari sebelumnya. Portal berita ANTARA diluncurkan pada bulan Januari 1996 dengan tujuan memenuhi hak publik untuk mendapatkan informasi yang akurat, lengkap dan bermanfaat secara seketika. Portal ini disajikan dalam dua bahasa agar masyarakat dunia juga dapat mengetahui informasi yang utuh dan kredibel tentang Indonesia saat ini.
Website berita ANTARA NEWS sudah mengantongi Hak Cipta sejak tahun 2007. Terbukti dalam setiap artikel yang ditampilkan pada bagian paling akhir artikel selalu ada tulisan COPYRIGHT ©, dan diwebsitenya ada tulisan “Hak Cipta © 2007”.
Dalam websitenya, Antara News juga memberikan penjelasan mengenai “Ketentuan Penggunaan”, yakni “Anda tidak diperkenankan menyalin, memproduksi ulang, mempublikasi, menyebarluaskan secara utuh materi yang disajikan situs ini baik berupa berita, informasi, data, gambar, foto dan logo, dengan cara apapun dan/atau melalui media apapun, kecuali untuk digunakan sendiri dan tidak bersifat komersial. Setiap penggunaan selain yang telah diperkenankan harus mendapatkan persetujuan tertulis dari ANTARA. Situs ini tidak boleh digunakan untuk tujuan-tujuan yang melanggar hukum, norma dan hak-hak asasi manusia.”
            Perkembangan Cyber Law di Indonesia belum bisa dikatakan maju. Hal ini disebabkan belum meratanya pengguna internet di seluruh Indonesia. Indonesia mendukung penuh upaya-upaya multilateral dalam menanggulangi cybercrime.
Indonesia telah melakukan beberapa upaya diantaranya pembentukan ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure), dan UU ITE yang baru disahkan menjadi UU No.11/2008.



BISNIS JURNALISME ONLINE


Website berita online seperti ANTARA NEWS memperoleh keuntungan dari iklan. Bukan hanya koran yang dapat menjual tempat dalam kolom2nya atau stasiun televisi dapat menjual waktu mereka saat on air, sebuah website dapat menjual bagian dari halaman virtual mereka untuk iklan2. Iklan yang lebih besar dan dengan posisi yang lebih menonjol pada halaman website harus membayar lebih mahal. ANTARA NEWS menampilkan sejumlah iklan dalam websitenya, seperti iklan milik actionCOACH.com yang terletak di kanan atas halaman website, tepat di samping logo ANTARA NEWS, kotak iklannya cukup besar dan panjang sekitar 14cmx3cm. Iklan tersebut pastinya lebih mahal biayanya dibanding iklan lainnya di website ANTARA NEWS karena letaknya yang strategis, pengunjung website akan langsung tertuju pada iklan tersebut, memungkinkan iklan lebih banyak dilihat, jika kita klik iklan tersebut akan langsung terhubung dengan website pemasang iklan.
            Selain melalui iklan, dalam mendapatkan penghasilan, sebuah website berita dapat mengenakan biaya berlangganan bagi para pengunjungnya, namun hal tersebut dirasa tidak efektif, mengingat ciri dari jurnalisme online tidak diperlukan biaya dalam mengaksesnya. ANTARA NEWS sendiri tidak pernah mengenakan biaya bagi para pengunjungnya. Isi konten sebuah website berita juga mempengaruhi minat para pengunjung, jika sebuah website hanya berisi tulisan-tulisan saja tentunya monoton dan tidak menarik. ANTARA NEWS menyajikan websitenya dalam bentuk yang cukup menarik. Terdapat sebuah video berita di halaman utama website, warna website pun beragam, tidak hanya hitam putih, tetapi juga tidak terlalu ramai. Adanya layanan tambahan juga dapat menarik penggunjung lebih banyak lagi, ANTARA NEWS tidak hanya memiliki website berita, ada juga ANTARA FOTO yang mendistribusi beragam foto berita dan peristiwa dari berbagai tema dengan standar kantor berita foto, dan hasil bidikan wartawan foto ANTARA yang berpengalaman. ANTARA TV yang mendedikasikan dirinya sebagai kantor berita tv Indonesia yang menyajikan berita-berita secara akurat dan terpercaya mengenai apa yang terjadi di nusantara. LPJA (Lembaga Pendidikan Jurnalistik ANTARA) yang merupakan unit usaha pendidikan dan pelatihan milik Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA yang telah berpengalaman sejak tahun 1937, memberikan pelatihan jurnalistik, fotografi, public relation untuk institusi maupun personal. ANTARA PUSTAKA UTAMA (APU) merupakan salah satu unit usaha strategis LKBN ANTARA yang bergerak di bidang usaha Penerbitan dan Percetakan.


JURNALISME ONLINE MASSA DEPAN


            Teknologi internet telah membuat komunikasi di seluruh dunia menjadi lebih mudah dan lebih murah. Hal tersebut menarik perhatian banyak orang dan internet begitu cepat merambah ke seluruh aspek kehidupan manusia sehari-hari. Media juga telah menerima kehadiran internet. Hampir semua bentuk media tradisional seperti televisi, Koran, radio memperluas jaringan mereka dengan merambah dunia internet dan website yang sangat luas. Fitur interaktif internet tampaknya menyiratkan bahwa media online memiliki keunggulan lebih dari bentuk-bentuk media tradisional. Jadi, internet telah secara dramatis berkembang menjadi media baru dengan karakteristik multimedia, hypertext, interaktivitas, arsip, dan virtuality.
            Tetapi, tidak dapat dipungkiri banyak tantangan yang dihadapi jurnalisme online. Jurnalisme online memiliki kendala-kendala yang masih dijadikan pekerjaan rumah bagi para pelakunya. Secara garis besar jurnalisme online kurang fleksibel. Dalam arti tidak semua kalangan masyarakat dapat mengaksesnya. Hanya orang-orang yang memiliki cukup uang yang dapat mengaksesnya. Orang yang mengaksesnya harus berada didepan komputer, orang yang mengakses harus memiliki intelegensi dalam penggunaan komputer dan internet, kebebasan dalam penyampaian isi serta kebebasan pengakses dapat berdampak buruk terutama bagi anak dibawah usia 17 tahun. Anak-anak dibawah umur dapat mengakses internet dengan mudahnya yang tidak menutup kemungkinan mereka akan membuka situs porno. Selain itu munculnya fenomena citizen jurnalistik, dimana semua orang yang tidak memiliki latar belakang jurnalistik dapat menjadi reporter dadakan dengan memposting berita di website atau blog yang belum dipastikan kebenarannya. Hal tersebut membuat berita dalam jurnalisme online diragukan keabsahannya.
            Dalam perkembangannya, jurnalisme online akan meluas dengan bentuk-bentuk yang lebih mudah dijangkau, seperti dengan menggunakan media telepon selular. Mobile internet akan terus berkembang pesat, karena melalui telepon selular, akses internet menjadi lebih mudah lagi, orang-orang tidak perlu duduk didepan komputer atau laptop untuk mengakses internet, tidak perlu berat-berat membawa laptop. ANTARA NEWS sendiri sudah meluncurkan akses mobile internet melalui http://m.antaranews.com
KESIMPULAN


            Kesimpulannya, website berita ANTARA NEWS sudah memenuhi criteria online journalism yang baik dari segi tampilan web, cara penulisan, konten-konten yang tersedia. Selain itu ANTARA NEWS tidak hanya menyajikan website berita namun juga terdapat galeri foto, kantor berita cetak yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Saran saya, yang perlu ditingkatkan adalah tampilan website dan desainnya dibuat lebih menarik, agar pengunjung saat pertama kali membuka website ANTARA NEWS akan terkesan dan berminat untuk membacanya.



REFERENSI


Briggs, Mark. 2007. Journalism 2.0 How to Survive and Thrive. dalam Jan Schaffer (Ed.). An initiative of J-Lab and the Knight Citizen News Network.
           
Foust, James C. 2005. Online Journalism, Principle and Practices of News for The Web. Arizona: Holcomb Hathaway, Publishers. Inc.

            Hall, Jim. 2001. Online Journalism, A Critical Primer. London: Pluto Pers

Ido Prijana Hadi  Perkembangan Teknologi Komunikasi Dalam Era Jurnalistik Modern

http://www.antaranews.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar